RAMBU-RAMBU STRUKTUR KURIKULUM
PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG)
TAMAN KANAK-KANAK
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Memahami karakteristik peserta didik dan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang mendidik.
2. Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia.
3. Menguasai keilmuan dan kajian kritis pendalaman isi bidang pengembanganpeserta didik (keimanan, ketaqwaan dan ahlak mulia; sosial dan kepribadian; pengetahuan dan teknologi; estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan).
4. Mampu berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, kolega dan masyarakat.
No Materi Teori Praktik Keterangan
A UMUM
Kebijakan Pengembangan Profesi Guru 3 1. Peningkatan kompetensi, penilaian kinerja, pengembangan karier, perlindungan dan penghargaan.
2. Etika profesi
B POKOK
1 Pendalaman aspek perkembangan anak yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (PAUD Jalur Formal) dan dapat digunakan untuk mengembangkan:
• keimanan, ketaqwaan dan ahlak mulia;
• sosial dan kepribadian;
• pengetahuan dan teknologi;
• estetika;
• jasmani, olahraga dan kesehatan 25 - Strategi pembelajaran dilengkapi dengan tugas mandiri
2 Model-model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM), pemanfaatan media, dan prinsip-prinsip asesmen/ evaluasi serta pemanfaatan nya, disesuaikan dengan karakteristik perkembangan peserta didik. 10 - Terkait dengan pemahaman konsep, model dan contoh-contoh penerapannya sesuai dengan materi yang dibahas pada B1.
3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan karya ilmiah lainnya 4 2 Pendalaman materi PTK dan pengembangan rancangan proposal PTK (tugas mandiri)
C WORKSHOP
Pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran - 22 Pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian)
D PRAKTIK PEMBELAJARAN
Pelaksanaan pembelajaran (peer teaching) 20 • Satu kelas (30 peserta), dibuat 3 kelompok dan dilaksanakan secara paralel
• Tiap peserta tampil 2 kali @ 1 JP
• Tampilan ke-2 merupakan ujian praktik
E UJIAN
1 Tulis 4
2 Praktik *)
Jumlah JP 46 44
Catatan:
• Pembinaan dan pengembangan kompetensi kepribadian dan sosial guru terintegrasi dalam kegiatan PLPG
• *) Sudah terintegrasi di D
PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG)
TAMAN KANAK-KANAK
Standar Kompetensi Lulusan:
1. Memahami karakteristik peserta didik dan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang mendidik.
2. Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia.
3. Menguasai keilmuan dan kajian kritis pendalaman isi bidang pengembanganpeserta didik (keimanan, ketaqwaan dan ahlak mulia; sosial dan kepribadian; pengetahuan dan teknologi; estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan).
4. Mampu berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, kolega dan masyarakat.
No Materi Teori Praktik Keterangan
A UMUM
Kebijakan Pengembangan Profesi Guru 3 1. Peningkatan kompetensi, penilaian kinerja, pengembangan karier, perlindungan dan penghargaan.
2. Etika profesi
B POKOK
1 Pendalaman aspek perkembangan anak yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (PAUD Jalur Formal) dan dapat digunakan untuk mengembangkan:
• keimanan, ketaqwaan dan ahlak mulia;
• sosial dan kepribadian;
• pengetahuan dan teknologi;
• estetika;
• jasmani, olahraga dan kesehatan 25 - Strategi pembelajaran dilengkapi dengan tugas mandiri
2 Model-model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM), pemanfaatan media, dan prinsip-prinsip asesmen/ evaluasi serta pemanfaatan nya, disesuaikan dengan karakteristik perkembangan peserta didik. 10 - Terkait dengan pemahaman konsep, model dan contoh-contoh penerapannya sesuai dengan materi yang dibahas pada B1.
3 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan karya ilmiah lainnya 4 2 Pendalaman materi PTK dan pengembangan rancangan proposal PTK (tugas mandiri)
C WORKSHOP
Pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran - 22 Pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian)
D PRAKTIK PEMBELAJARAN
Pelaksanaan pembelajaran (peer teaching) 20 • Satu kelas (30 peserta), dibuat 3 kelompok dan dilaksanakan secara paralel
• Tiap peserta tampil 2 kali @ 1 JP
• Tampilan ke-2 merupakan ujian praktik
E UJIAN
1 Tulis 4
2 Praktik *)
Jumlah JP 46 44
Catatan:
• Pembinaan dan pengembangan kompetensi kepribadian dan sosial guru terintegrasi dalam kegiatan PLPG
• *) Sudah terintegrasi di D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar